Minggu, 14 November 2010

Cara Penggunaan MYOB

MEMINDAHKAN DATA PADA MYOB

2. 1 Tujuan
Mahasiswa diharapkan dapat memahami prosedur awal di dalam menjalankan sebuah perusahaan khususnya untuk Myob Accounting v 12, yang terdiri dari: Link Transaksi, Kode Pajak, Daftar Relasi, Daftar Persediaan dan mencatat saldo awal.

2. 2 Teori
Dalam suatu sistem organsiasi langkah awal untuk memulai pendiriaan sebuah organisasi/perusahaan perlu merumuskan visi, misi, fungsi perusahaan dan hal yang mendasar dari semua itu yakni profil atau data perusahaan.

2. 3 Membuka File
1. Buka program Myob Accounting v 12
2. Pada kotak informasi klik tombol open your company file
3. Pada bagian look ini pilih drive di mana file disimpan
4. Pilih file dokumen dan klik tombol open
5. Akan tampil kotak dialog sign-on,kemudian klik ok
6. Klik pilihan enter later untuk menunda pengisian nomor registrasi selanjutnya klik tombol ok
7. Selanjutnya pada kotak dialog konfirmasi akan menunjukkan perifikasi data, klik tombol no
8. Selanjutnya file akan tampil.

2. 4 Persiapan Data Akuntansi
Daftar Saldo Rekening
No. Akun Nama Akun Saldo
1-1110
1-1120
1-1130
1-1140
1-1200
1-1300
1-1400
1-2110
1-2120
1-2210
1-2220
2-1100
2-1200
3-1100
3-1200 Kas
Kas Kecil
Bank Solo
Bank Permata
Piutang Dagang
Perlengkapan Kantor
Persediaan Barang Dagang
Peralatan Kantor
Akm. Peralatan Kantor
Kendaraan
Akm. Peny. Kendaraan
Hutnag Bank Solo
Hutnag Dagang
Modal Tn. Nico Absolute
Laba Ditahan 2.750.000
500.000
30.000.000
25.000.000
47.500.000
15.000.0000
166.380.000
25.000.000
(7.500.000)
45.000.0000
(25.000.000)
75.000.000
75.000.000
150.000.0000
24.630.000

Data Pelanggan
Kode Pelanggan Nama Pelanggan Alamat Syarat Pembayaran Saldo
C-001 PT. Melati Persada Jl. Beringin 14 5/10, n/30 Rp 10.000.000
C-002 PT. Eksevlasi Jl. Akasia B-134 5/10, n/30 Rp. 15.000.000
C-003 PT. Sispexus Jl. Manar 101 5/10, n/30 Rp. 7.500.000
C-004 PT. Selebritasos IV Jl. Bening 14C 5/10, n/30 Rp. 15.000.0000

Data Pemasok
Kode Pemasok Nama Pemasok Alamat Syarat Pembayaran Saldo
V-001 PT. Gendis Putra Jl. Andante 990 2/10, n/30 Rp 20.000.000
V-002 PT. Jaya Monurias Jl. Palem Hijau 2/10, n/30 Rp. 16.000.000
V-003 PT. Kwok TTC Jl. Pisarua II 2/10, n/30 Rp. 20.000.000
V-004 PT. Hueng Guem Jl. Anaksis AA 2/10, n/30 Rp. 19.000.0000

Data Barang Dagangan
Kode A-001 A-002 A-003 A-004 A-005
Nama StopMap F4 70 gr Fax Paper Arch File X Envelopes
Satuan Pack Rem Rem Kotak Kotak
Suplr Rec Gendis Putra Hueng Guem Jaya Monuria Gendis Putra Kwok TTC
Harga jual Rp 30.000 Rp 32.500 Rp 33.500 Rp 62.5000 Rp 33.000
Harga Beli Rp 25.000 Rp 27.500 Rp. 30.880 Rp 50.500 Rp 30.000
Stok 500 Pack 1000 Rem 1000 Rem 1000 Kotak 1500 Kotak
Stock Min 100 Pack 200 Rem 200 Rem 200 Kotak 200 Kotak
Jml Reorder 200 Pack 400 Rem 400 Rem 400 Kotak 400 Kotak

2. 5 Daftar Perkiraan
2. 5. 1 Mengganti Nama Perkiraan
1. Klik modul perkiraan (account), kemudian pilih account list
2. Pastikan tab asset dalam keadaan terpilih kemudian klik ganda pada perkiran assets, muncul kotak dialog edit account, ganti account name menjadi aktiva kemusian klik ok
3. Dengan mengulangi langkah diatas untuk hasil penggantian nama perkiraan lakukan untuk perkiraan lainnya.
4. Langkah terakhir adalah tutup jendela account list dengan tombol close

2. 5. 2 Membuat Nama Perkiraan
1. Buka jendela account list dengan klik modul perkiraan kemudian pilih naccount list
2. Ada klik tombol new bawah layar
3. Pastikan kelompok perkiraan anda adalah asset, kemudian kerikkan nomor perkiraan pada account number, selanjutnya tekan tombol tab, isi account name dengan nama perkiraan yang baru
4. Selesai klik tomol ok
5. Utnuk membuat nama perkiraan yang lain ikuti langkah diatas tadi
6. Langkah terakhir klik close

2. 5. 3 Menghapus Perkiraan
1. Klik modul perkiraan, kemudian pilih account list
2. Setelah Setelah itu klik tanda panah yang terletak sebelah kiri nama perkiraan misal perkiraan undeposit Funds
3. Kemudian akan tampil kotak edit account, karena perkiraan yang dicontohkan perkiraan linked atau terhubung maka kita harus menggantikan posisi untuk perkiraan ini. Untuk itu klik tanda panah linked accounts for
4. Ubah nomor dan nama perkiraan dengan mengkil kolom isian tersebut
5. Kemudian kotal dialog tampil dan nama perkiraan tampil misalkan kita ingin menganti dengan perkiraan bank solo (1-1130), kemudian klik tombol use account
6. Selanjutnya klik yes pada kotak informasi
7. Klik Ok
8. Untuk menghapus klik menu edit dan klik delete account
9. Untuk menghapus nama perkiraan lain ikuti langkah diatas.
10. Klik close

2. 6 Link Transaksi
Link transaksi merupakan hubungan otomatis antar perkiraan satu dengan perkiraan lain. Contoh perkiraan piutnag dan kas

2. 6. 1 Link Transaksi Perkiraan Buku Besar dan Kas/Bank
1. Klik setup, linked account, account & Banking accoaunts
2. Selanjutnya tampil kotak dialog yang mana anda akan mnegiisi nomor perkiraan yang menghubungkan perkiraan dan kas
3. Contoh kita akan mengganti nama perkiraan untuk perkiraan link pembayaran elektronik
4. Selanjutnya tampil kotak dialog pilih perkiraan Bank Permata, terakhir klik tombol use account
5. Pilih Yes
6. Lakukaan langkah diatas selanjutnya untuk mengganti perkiraan yang lain
7. Klik ok
2. 6. 2 Link Transaksi Perkiraan Penjualan
1. Klik setup, linked accounts, sales account
2. Sales linked accounts akan tampil
3. Isilah transaksi perkiraan penjualan untuk akun perkiraan untuk penerimaan piutang dengan bank permata
4. terakhir Klik Ok
2. 6. 3 Link Transaksi Perkiraan Pembelian
1. Klik menu setup, linked account, purchase account
2. Selanjutnya kotak dialog purchases linked accounts akan tampil
3. Selanjutnya ganti perkiraan untuk pembayaran hutnag ke link Bank Solo (1-1130)
4. Terakhir klik Ok

2. 7 Kode Pajak
2. 7. 1 Menghapus Kode Pajak
1. Klik list, tax code
2. Tax Code akan tampil
3. Pilih nama kode pajak yang akan dihapus, setelah itu kotak dialog akan tmapil, kemudian baris menu anda pilih menu edit delete tax code
4. Klik Ok
5. Klik close untuk menutup kotak dialog tax code list
6. Klik close untuk menutup

2. 7. 2 Membuat Kode Pajak
1. Klik menu list, tax code
2. Klik tombol new
3. Kemedian isi kode pajak PPn padakolom isian tax kode
4. Kemudian klik tab, isi pajak pertambahan nilai pada description
5. Lalu pilih tipe pajak good & service tax dengan mengklik tombol pull down pada tax type
6. Klik 10%
7. Pada kolom isian Linked Account for Tax Collected klik tombol drop down pilih 2-1310 (PPN Keluaran) pada kotak dialog select from list klik tombol use account dan 2-1320 (PPN Masukkan) pada kolom isisan linked account for tax paid
8. Pada linked card for tax authority masukkan nomor pajak yang tercatat dalam kartu file pemasok atau dapat anda kosongkan
9. Klik ok
10. Klik close

2. 8 Membuat Card File
1. Pada jendela command center klik card file
2. Klik card list
3. klik tombol new
4. Pastikan check box inactive card dalam keadaan uncheck, kemudian isi kolom dalam tab profile dengan data sebelumnya
5. Untuk melihat hasil klik Profile
6. Klik card details untuk masuk step berikutnya
7. Untuk menyisipkan gambar pelanggan dapat dilakukan dnegan klik ganda picture information
8. Klik tombol link
9. Lalu klik file bitmap, open
10. Selanjutnya klik ok
11. Isi informasi tambahan untuk kartu pelanggan
12. Klik tab selling details
13. Dalam tab ini anda mengisi informasi detail penjualan yang berlaku untuk pelanggan
14. Klik tab payment details untuk tab berikutnya, dan isi seluruh informasi yang tampil
15. Lalu klik tab contag log untuk masuk ke tampilan berikutnya, kotak ini menampilkan jadwal kegiatan pelanggan
16. Klik tab jobs, kotak dialog akan tmapil anda diminta untuk mengisi daftar jobs dengan pelanggan
17. Klik tab history untuk menampilkan total penjualan bulanan tahun terdahulu dan tahun yang sedang berjalan
18. Klik ok

2. 9 Mengubah Kartu File
1. Pastikan jendela card list dalam modul card file
2. Pilih dan klik ganda kartu file yang akna diubah
3. Lalu lakukan perubahn jika layar tmapilan telah nampak.
4. Klik Ok

2. 10 Daftar Persediaan
1. Modul Inventory, aktifkan kotak dialog item list
2. Klik tombol new
3. Kemudian isi A-001 pada kolom isian item number, klik tab isi stop map pada name
4. Aktifkan kotak periksa I buy this item, klik tombol drop down pada kotak expense account for tracking cost, untuk menampilan kotak select from list tekan tombol new
5. Kotak dialog edit account akan ditmapilkan, pastikan kolom account classification berisi cost of sales, jika tidak klik tombol drop down disebelahnya pilih cost of sales, isi nomor perkiraan 1000 pada kolom account number, tekan tab kemudian isi harga pokok penjualan pada kotak isian account name kemudian klik ok
6. Kemudian tampil kotak information klik tombol drop down pada kotak expense account for tracking cost pilih harga pokok penjualn dari kotak dialog select from list klik use account
7. Aktifkan kotak a sell this item, masukkan nomor perkiraan 4-1000 untuk perkiraan penjualan
8. Aktifkan kotak inventory this item jika barang tersebut akan dicatat dalam perkiraan persediaan. Masukkan no. perkiraan 1-1400 untuk perkiraan persediaan barang dagang pada kotak asset account for item inventory
9. Kli buying details, kotak dialog item information dalam tab buying details
10. Isi pack dalam kotak isian buying unit of measure, klik tab 2 kali kemudian isi PPN
11. Klik tab selling details isi Rp 30.000
12. Klik Ok
13. Klik Close

2. 10.1 Mengisi Harga Jual dan Jumlah Persediaan
1. Dalam modul inventory, aktifkan kotak dialog adjust inventory dengan menekan tombol adjust inventory
2. Isi tanggal transaksi 01/01/05 kemudian isi memo dengan persediaan awal barang
3. Klik tab 2 kali kemudian select from list
4. Pilih item misalnya StopMAp klik Use Item
5. Tekan tab kemudian isi jumlah persediaan yaitu 500 pack
6. Lalu masukkan item perunit Rp 25.000
7. Terakhir tekan tab 2 kali untuk mengisi nama perkiraan pada kotak dialog select from list, pada kolom look for isi nomor perkiraan 1-4000. Kemudian klik use account, nama perkiraan persediaan barang dagang
8. Apabila telah terisi semua klik record
9. Klik cancel

2. 11 Mencatat Saldo Awal
2. 11.1 Saldo Awal Perkiraan
1. Klik setup, balances, account opening balance
2. Ketik saldo untk perkiraan kas yaitu Rp 2.750.000 (tanpa Rp)
3. Tekan enter isi saldo awal berikutnya
4. Klik Ok
5. Klik modul account klik account list untuk mengaktifkan kotak dialog, maka tampil keseluruhan saldo awal.
6. Klik close

2. 11.2 Saldo Awal Piutang Dagang
1. Klik menu setup, balances, customer opening balance
2. Kemudian pilih dan klik satu pelanggan, lalu klik tombol add sale
3. Selanjutnya tekan tab untuk sampai pada kolom date dan totalincluding tax isilah bagian kolom tersebut
4. Pastikan kode pajak adalah N-T, jika tidak klik drop down select from list pilih N-T use tax code
5. Klik record
6. Lalu kitaberada pada kotak customer opening balance klik option customer summary
7. Lakukan langkah tasi untuk pelanggan lainnya.
8. Klik Ok
9. Klik close

2. 11.3 Saldo Awal Hutang Dagang
1. Pada jendela command center. Klik menu setup, balance, supplier opening balance
2. Kemudian pilih dan klik salah satu pemasok, klik tombol add purchase
3. Selanjutnya klik tab untuk sampai pada kolom date dan tab totalincluding tas, maka masukkan data sesuai dengan informasi
4. Pastikan tax code dalam keadaan N-T
5. Lalu klik tombol record
6. Selanjutnya semua data pemasok dimasukkan dengan cara tadi.
7. Apabila telah selesai klik OK
8. Klik close


PEMBELIAN

3. 1 Tujuan
Mahasiswa dapat memahami proses pembelian melalui Myob Accounting, termasuk proses pemesanan barang, pembelian, pencatatan retur sampai pada pembayaran.
3. 2 Teori
Pembelian merupakan transaksi yang berhubungan langsung dengan laba atau rugi perusahaan, emngurangi kas jika terjadi pembelian secara tunai menambahkan saldo hutnag jika terjadi pembelian secara kredit.

3. 3 Contoh Kasus
Pada tanggal 4 Januari perusahaan melakuakn pembelian barang kepada PT Gendis Putra dengan rincian pemesanan sebagai berikut:
Quantity Nama Barang Harga Satuan Total
200 Pack
400 Pack StopMAp
Arch File Rp 25. 000
Rp 30.000 Rp 5.000.000
Rp 12.000.000

Berikutnya langkah-langkah sebagai berikut:
1. Buka program Myob
2. Klik modul purchase
3. Klik tab enter purchase
4. Klik bill untuk membuat faktur pembelian
5. lalu klik tombol layout
6. Klik tombol item, klik ok. Kemudian dialog purchase – new item akan tampil
7. Lalu tekan tab pilih nama pemasok, klik tombol use supplier
8. Kosongkan kotak periksa tax inclusive
9. Alamat perusahaan secara default telah tampi pada drop down ship to
10. Klik kotak purchase #, masukkan nomor pembelian tidak lebih dari 8 karakter, tekan tab
11. Untuk kolom date isilah tanggal
12. Masukkan nomor faktur penjualan pada kolom supplier Inv # misal 2585 tekan tab
13. Masukkan jumlah barang received
14. Kosongkan backorder, tekan tab 2 kali
15. Kotak dialog select from list akan tampilkan pilih stopmap klik tombol use item
16. Nama barang akan tmapil, klik tab
17. Masukkan harga beli,kosomngkan disc, job
18. Hasilnya akan nampak pada layar
19. Jika pembayaran telah dilakukan baik uang muka maupun pelunasan dapat anda masukkan dalam kolom paid today.

3. 4 Mencatat Pembelian Berulang
1. Setelah Anda mencatat transaksi pemebelian, kotak dialog purchases-new item klik tombol save recurring
2. Myob akan tampil kotak dialog save recurring template
3. Masukkan nama transaksi pada kotak name
4. Masukkan frekuensi penjualan
5. Masukkan tanggal untuk menggunakan transaksi ini
6. Terakhir tekan save template
7. Klik record

3. 5 Use Recurring
1. Dalam kotak purchases – new item klik use recurring
2. Pencatatan transaksi pembelian berulang yang dicatat akan tmapil
3. Klik use recurring
4. Klik record
5. Cancel
6. Close

3. 6 Mencatat Retur Pembelian
1. Dalam modul purchases register untuk mengaktifkan kotak dialog purchases register
2. Klik tab Return & debits, dann klik tombol new purchases, untuk memasukkan transaksi retur pembelian
3. Selanjutnya dalam kotak dialog purchases – new item, tekan tombol tab pilih supllier, pada kotak dialog select from list, klik supplier
4. Atur format layout menjadi item
5. Klik kolom purchase #, isi R-001 tekan tab
6. Pada kolom date isi sesuai soal
7. Kolom received isi sesuaisoal
8. Selanjutnya pilih item sesuai soal pada kotak dialog select from list klik tombol use item
9. Langkah terakhir klik record
10. Klik cancel
11. Close

3. 7 Mencatat Pembayaran Hutang
1. Modul purchases klik tab pay bills
2. Dalam tombol drop down pay from account, secara default myob telah menampilkan pembayaran hutang sesuai dengan pengisian awal.
3. Klik drop down supplier pilih nama pemasok klik use supplier
4. Selanjutnya tampil kotak konfirmasi lalu klik cancel
5. Status hutang pemasok akna tampil
6. Lalu klik kolom date isi sesuai soal
7. Klik kolom amount ketik sesuai soal, kemudian klik amount applied maka nilai tadi akan tampil lagi pada kolom finance chage akan kosong dan total applied terisi
8. Klik record
9. Tampil konfirmasi klik cancel

3. 8 Menampilkan, Memperbaiki, dan Menghapus Jurnal Transaksi
Menampilkan Jurnal Transaksi
1. Klik tab transaction journal
2. Untuk menampilkan jurnal transaksi pembelian, pastikan anda berada pada tab purchases selanjutnya dalamkolom date isi 01/01.05, tekan tab pada kolom to isi 31/01/05, lalu tekan tab
3. Maka akan tampil seluruh transaksi
4. Klik close
Memperbaiki Jurnal Transaksi
1. Pastikan kotak dialog transaction journal aktif
2. Klik zoom pada jurnal yang akan diperbaiki
3. Kotak purchases-edit item tampil
4. Klik Ok
Menghapus Jurnal Transaksi
1. Pastikan kotak dialog transaction journal aktif
2. Selanjutnya klik zoom
3. Setelah kotak dialog purchases-edit item tampil klik menu edit, delete purchases
4. Close

3. 9 Laporan Pembelian
1. Dalam jendela command center klik menu drop down reports pilih purchases
2. Kotak dialog Index to Reports dalam tab purchases
3. Dalam kotak name pilih item, purchases detail
4. Klik tombol customize
5. Dalam kotak date from isi 01/01/05 to 31/01/05, klik display, hasilnya akan tmapil semua transaksi
6. Laporan ini pula dapat dicetak dengan tombol print
7. Klik close untuk menutup
8. Lalu tmapil konfirmasi klik Yes
9. Klik close

3. 10 Latihan
1. Pada tanggal 4 januari PT Absolute melakukan pembelian barang ke PT Gendis Putra dengan rincian:
Qty Nama Barang Harga Satuan Total
200 Pack Stop Map Rp 25.000 Rp 5.000.000
400 Kotak ArchFile Rp 30.000 Rp 12.000.000
2. 9 Januari setelah diperiksa beberapa barang yang rusak yaitu :
Qty Nama Barang Harga Satuan Total
5 Pack Stop Map Rp 25.000 Rp 125.000
7 Kotak ArchFile Rp 30.000 Rp 210.000
3. 12 Januari PT Absolute melunasi hutnagnya ke PT Gendis Putra sebesar Rp 20.000.000 dan PT Kwok TTC sebesar Rp 20.000.000
4. Pada tanggal 22 januari perusahaan melakukan pembelian brang kepada PT Huang Guem dan PT Jaya Monuria dengan rincian :
PT Huang Guem
QTY Nama Barang Harga Satuan Total
400 Rem F4 70 gr Rp 27.500 Rp 11.000.000

PT Jaya Monuria
QTY Nama Barang Harga Satuan Total
400 Rem Fax Paper Rp 30.880 Rp 12.352.000
5. Tanggal 28 Januari perusahaan melunasi hutnag ke PT Huang Guem dan PT Jaya Monuria sebesar Rp 19.000.000 dan Rp 16.000.000


PENJUALAN

4. 1 Tujuan
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui sistem penjualan dengan Myob, dan mengetahui proses sistem tersebut berjalan mulai dari pencatatan penjualan, retur penjualan, sampai pelunasan piutang

4. 2 Teori
Penjualan dan piutang erat kaitannya pada bagian ini dan berperan penting. Akan menambah kas jika terjadi penjualan secara tunai dan menambahkan saldo piutnag dagang jika terjadi penjualan secara kredit.

4. 3 Mencatat Penjualan
Contoh Transaksi
1. Pada tanggal 2 Januari perusahaan menrima pemesanan dari pelanggan PT Eksevasi berupa:
Qty Nama Barang Harga Satuan Total
350 kotak Jaya Envelopes Rp 33.000 Rp 11.550.000
500 Rem FaxPAper Rp 33.500 Rp 16.750.000

2. 12 Januari perusahaan menrima konfirmai dari PT Eksevasi terdapat beberapa barang yang rusak datau cacat dengan konfirmasi sebagai berikut:
Qty Nama Barang Harga Satuan Total
10 kotak Jaya Envelopes Rp 33.000 Rp 330.000
12 Rem FaxPAper Rp 33.500 Rp 420.000
3. 10 Januari perusahaan menerima pelunasan dari pT Sispexus dan PT Selbritasos IV masing – masing Rp 14.250.000 dan Rp 7.125.000
Proses Penyelesaian
1. Buka program Myob
2. Klik Sales, tab enter sales
3. Kemudian pilih invoices untuk membuat faktur
4. Klik tombol layout
5. Klik tombol item, kemidian OK kotak sales-new item akan tmapil
6. Masukkan transaksi pertama. Tekan tab pilih PT Ekselevasi klik tombol use customer
7. Kosongkan kotak Tax inclusive dengan asumsi harga jual
8. Alamat pelanggan akan tmapil pada drop down ship to
9. Klik kotak invoices # masukkan faktur penjualan (8karakter)
10. Untuk kolom date isi tanggal transaksi, klik tab
11. Masukkan nomor surat pemesanan pada kolom customer FO # misal 3524 ketik tab
12. Kosongkan backorder
13. Kotak dialog select from list akan tmapil pilih Jaya Envelope klik tombol use item
14. Lalu isi harga jual sebesar Rp 33.000
15. Kosongkan disc %, Job tekan tab
16. Subtotal akan tampil dan PPN juga
17. Jika terdapat biaya pengangkutan yang dibebankan pada kolom freight.
18. Jika pembayaran dari pelanggan telah dilakukan baik uang muka maupun pelunasan dapat anda masukkan dalam kolom paid today, dalam hal ini kosongkan.

4. 4 Mencatat Transaksi Berulang
Penjualan Berulang
1. Dalam kotak dialog sales-new item klik save recurring
2. Masukkan nama transaksi pada kotak name misal Penjualan PT Ekslevasi
3. Masukkan frekuensi penjualan kolom frekuensi
4. Masukkan tanggal menggunakan transaksi
5. Terakhir tekan save
6. Klik record
Use Recurring
1. Kotak dialog sales-new item klik use recurring
2. Kotak sales register tab recurring templates
3. Pencatatan transaksi penjualan berulang akan tmapil
4. Klik use recurring
5. Sales-new item akan tmapil
6. Tekan record
7. Klik cancel
8. Close

4. 5 Mencatat Retur Penjualan
1. Dalam modul sales klik tab sales register
2. Klik tab return & credits dan klik tombol new sales untuk memasukkan retur penjualan
3. Selanjutnya dalam kotak dialog sales-new item, tekan tombol tab pilih nama supplier PT Ekslevasi pada kotak dialog select from list klik use customer
4. Atur format layout menjadi item
5. Klik kolom invoice # isi retur-01 tekan tab
6. Dalam kolom date isi tanggal transaksi, tekan tab.
7. Dalam kolom ship isi –10, tekan tab 3 kali
8. Selanjutnya pilih jaya envelopes
9. Tampilan akan kembali pada kotak dialog sales-new item. Tekan tab
10. Langkah terakhir klik record
11. Lalu tmapil konfirmai kklik cancel
12. Close

4. 6 Mencatat Pelunasan Piutang
1. Dalam modul sales klik receive payment untuk mengaktifkan kotak dialog receive payment
2. Dalam tombol drop down deposit to account telah terisi sendiri
3. Klik drop down customer atau tekan tab lalu pilih pelanggan pilih PT Selebritasos IV klik use customer
4. Klik kolom date isi dengan 10/01/05
5. Kolom amount ketik Rp 14.250.000
6. Klik amount paid applied maka akna tmapil nilai tadi.
7. Kli record
8. Akan tampil kotak informasi klik cancel
9. Close
Untuk Proses Menampilkan, Memperbaiki, Menghapus Jurnal Transaksi dan Laporan Penjualan sama dengan Modul Pembelian


4. 7 Latihan
1. Pada tanggal 20 Januari perusahaan menerima pesanan dari PT Nusantara Jaya dan PT Sispexus dengan rincian pemesanan sebagai berikut:
PT Nusantara Jaya
QTY Nama Barang Harga Satuan Total
800 Rem F4 70 gr Rp 32.500 26.000.000
PT Sispexus
QTY Nama Barang Harga Satuan Total
650 kotak Arch File Rp 62.500 40.625.000

2. 25 Januari perusahaan menerima konfirmasi dari PT Nusantara Jaya dan PT Sispexus bahwa terdapat kerusakan pada barnag sebagai berikut:
PT Nusantara Jaya
QTY Nama Barang Harga Satuan Total
5 Rem F4 70 gr Rp 32.500 162.500.000
PT Sispexus
QTY Nama Barang Harga Satuan Total
10 kotak Arch File Rp 62.500 625.000

3. 30 Januari perusahaan menerrima pelunasan dari PT Ekslevasi dan PT Nusantara Jaya masing-masing sebesar Rp 15.000.000 dan Rp 10.000.000


BANK/KAS

5. 1 Tujuan
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui sistem penerimaan kas dengan Myob, dan mengetahui proses sistem tersebut berjalan mulai dari arus kas, mencatat penerimaan dan pengeluaran kas, rekonsiliasi sampai pencetakan cek.

5. 2 Teori
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pembayaran hutang dari pemasok dan penerimaan pelunasan piutang dari pelanggan dapat dilakukan dengan menggunakan kas atau bank. Pengeluaran kas bias terjadi akibat adanya pembayaran hutang kepada pemasok, pembelian barang dagang secara tunai ataupun pengeluaran piutang oleh pelanggan, penjualan, penjualan secara tunai, setoran modal atau penerimaan dari transaksi lainnya.

5. 3 Mencatat Penerimaan Kas
Contoh Kasus
1. Pada tanggal 12 januari perusahaan melakukan investasi tambahan sebesar Rp 75.000.000, Rp 15.000.000 untuk dimasukkan pada kas dan sisanya disetorkan ke Bank Solo.
2. Pada tanggal 21 Januari permohonan perusahaan untuk mendapatkan kredit investasi usaha kecil disetujui sebesar Rp 5.000.000 dana tersebut kemudian dimasukkan Kas Kecil.
Proses Penyelesaian
1. Buka program myob
2. Dalam jendela command centre klik modul banking
3. Dalam modul Banking anda klik tab Receive Money, untuk mengaktifkan kotak dialog receive money
4. Pastikan tombol option deposit to account dalam keadaan terpilih, kemudian klik tombol drop down untuk menampilkan kotak dialog select from list pilih perkiraan kas, klik use account.
5. Beri tnda cek pada kotak cek tax inclusive
6. Kosongkan kotak payor, karena transaksi tersebut investasi dana.
7. Masukkan Rp 15.000.000 dalam kotak isian amount received
8. Dalam kotak payment method, klik tombol drop down kotak dialog select from list akan ditampilkan pilih cash klik use method
9. Ketik investasi tambahan Tn. Absolute dalam kolom memo sebagai keterangan transaksi
10. Klik kolom date isi tanggal transaksi 12/01/1/2005
11. Klik tombol drop down Acct#, dalam kotak dialog select from list pada kolom look for ketik 3-1100 klik use account
12. Kolom Acct#, name, dan amount akan terisi
13. Terakhir klik record untuk menyimpan
14. Kotak dialog akan tmapil kembali
15. Untuk transaksi pada tanggal yang sama berikutnya, pastikan tombol option deposit to account dalam keadaan terpilih, kemudian klik tombol drop down untuk menampilkan kotak dialog select from list, pilih perkiraan Bank Solo klik use account.
16. Beri tanda cek pada kotak cek Tax Inclusive
17. Kosongkan kotak payor, karena transaksi yang akan kita catat merupakan transaksi investasi dana
18. Masukkan Rp 60.000.000 dalam kotak isian amount received
19. Dalam kotak payment method, klik tombol drop down, kotak dialog select from list akan ditampilkan, pilih cash dan klik use method
20. Ketik investasi tambahan Tn. Absolute, dalam kolom memo, sebagai keterangan transaksi.
21. Klik kolom date isi tanggal transaksi 12/01/2005
22. Klik kolom Acct#, tekan tab, dalam kotak dialog select from list pada kolom look for ketik 3-1100 klik use account
23. Kolom Acct#, name dan amount akan terisi
24. Terakhir klik record untk menyimpan hasil pencatatan transaksi ini
25. Kotak dialog akan ditampilkan kembali dalam keadaan kosong
26. Ualngi langkah yang tadi untk mencatat transaksi penerimaan kas

5. 4 Menampilkan, memperbaiki dan menghapus jurnal transaksi
A. Menampilkan Jurnal Transaksi
1. Pastikan kotak dialog receive money masih dalam keadaan aktif, klik Zoom balance
2. Kemudian kotak dialog find transactions Tab account akan ditampilkan
3. Semua transaksi yang berhubungan dengan perkiraan kas akan ditmapilkan klik tombol advance
4. Kotak dialog advance filters akan ditampilkan, klik drop down sorce journal pilih receipt klik OK
5. Anda akan kembali pada kotak dialog find transaction, isi kolom search by dengan account dengan mengklik tombool drop down
6. Kemudian tekan dua kali tombol tab, dalam kotak dialog select from list pilih kas, klik use account
7. Isi interval tanggal trnsaksi pada kolom dte 01/01/2005, to 31/01/2005
Hasilnya transaksi penerimaan kas untuk perkiraan kas akan ditampilkan.

B. Memperbaiki Jurnal Transaksi
1. Pastikan kotak dialog find transaction masih keadaan aktif
2. Selanjutnya klik tombol zoom pada jurnal yang akan diperbaiki
3. Kotak dialog receive money
4. Lakukan perubahan yang diinginkan klik OK
5. Kembali ke kotak dialog

C. Menghapus Jurnal Transaksi
1. Find transaction dalam keadaan aktif
2. Selanjutnya klik tombol zoom (tanda panah) salah satu jurnal transaksi pada kotak dialog find transaction yang akan dihapus
3. Klik edit, delete deposit transaction
4. Hasilnya transaksi akan terhapus dari kotak dialog receive money
5. Klik cancel , Close

5. 5 Mencatat Penerimaan Kas Berulang
A. Penerimaan Kas Berulang (Save Recurring)
1. Dalam modul banking anda aktifkan kembali tab receive money, klik tombol zoom balance kembali
2. Setelah kotak dialog find transaction ditampilkan anda pilih transaksi investasi tambahan…. Dengan mengklik tombol zoom (panah) disebelahnya
3. Transaksi yang dipilih akan ditampilkan pada kotak dialog receive money. Klik tombol save recurring
4. Anda isi format recurring
5. Setelah anda melakukan pengisian data kotak dialog save recurring template klik tombol save template
6. Kotak dialog receive money akan ditampilkan klik OK
Klik cancel, close
B. Use Recurring
1. Aktifkan kotak receive money, dengan tab receive money pada modul banking
2. Klik tombol use recurring, kotak dialog select a recurring transaction akan ditampilkan
3. Pilih transaksi klik Ok
4. Kotak dialog receive money akan ditampilkan
5. Jika ada penambahan tekan tombol record
6. Cancel

5. 6 Mencatat Pengeluaran Kas
Contoh Kasus
1. Pada tanggal 8 Januari membeli peralatan secara tunai senilai Rp 2.000.000 melalui kas.
2. Pada tanggal 23 Januari dibeli perlengkapan kantor dan membayar biaya lain-lain masing-masing sebesar Rp 1.500.000 dan Rp 1.100.000 melalui kas
Penyelesaian
1. Dalam modul banking klik tab spend money
2. Patikan tombol option pay from account dalam keadaan terpilih, kemudian klik tombol drop down untuk menampilkan select from list pilih perkiraan kas, klik use account
3. Beri tanda cek pada kotak cek tax inclusive
4. Kosongkan kotak card dan payee
5. Ketik peralatan kantor, dalam kolom memo, sebagai keterangan transaksi
6. Klik kolom date isi tanggal transaksi
7. Masukkan Rp 2.000.000 (ketik 2000.000) dalam kotak isian amount
8. Klik kolom drop down Acct#, dalam kotak dialog select from list pada kolom look for keik 1-2110, klik use account
9. Kolom Acct#, name dan amount
10. Terakhir klik record untuk menyimpan hasil pencatatan
11. Kotak dialog akan tampil dalam keadaan kosong, ulangi pengerjaan untuk transaksi berikutnya

5. 7 Menampilkan, memperbaiki, dan menghapus jurnal transaksi
A. Menampilkan Jurnal Transaksi
1. Pastikan kotak dialog spend money aktif, kemudian klik zoom balance
2. Find Transaction tab account akan ditampilkan klik advance
3. Kotak dialog advanced Filters akan ditampilkan, klik tombol drop down source journal pilih disbursements. KLik Ok
4. Pada kotak dialog find transaction, isi kolom search by dengan account dengan klik drop down
5. Tekan 2 tab select from list pilih kas, klik use account
6. Isi interval tanggal 01/01/2005 to 31/01/2005
7. Hanyat transaksi pengeluaran kas untuk perkiraan kas

B. Memperbaiki Jurnal Transaksi
1. Pastikan kotak dialog find transaction aktif
2. Klik tombol z00m
3. Kotak dialog spend money akan tampil
4. Klilk OK
5. Klik close

C. Mengahapus Jurnal Transaksi
1. Kotak dialog find transaction masih dalam keadaan aktif
2. Klik tombol zoom, salah satu jurnal transaksi akan dihapus
3. Kotak dialog spend money akan ditampilkan, berikutnya klik edit, delete cheuqe transaction
4. Maka transaksi akan dihapus
5. Klik cancel, close

5. 8 Mencatat Pengeluaran Kas Berulang
A. Pengeluaran Kas Berulang
1. Modul banking anda aktifkan kembali tab spend money, klik tombol zoom balance
2. Anda pilih transaksi peralatan kantor dengan klik tombol zoom
3. Transaksi yang dipilih akan ditampilkan pada kotak dialog spend money, klik tombol save recurring
4. Kotak dialog save recurring template akan tmapil
5. Klik save recurring
6. Ok, Cancel, Close
B. Use Recurring
1. Aktifkan kembali kotak dialog spend, dengan mengklik tab spend money pada modul banking
2. Klik tombol use recurring, kotak dialog select a recurring transaction
3. Pencatatan transaksi akan tampil, klik OK, record, klik cancel

5. 9 Bank Register
Contoh Kasus
1. Pada tanggal 18 Januari dari perkiraan Bank Permata ditransfer uang sebesar Rp. 15.000.000
2. Pada tanggal 18 Januari dari perkiraan Bank Permata juga ditarik tunai uang sebesar Rp 10.000.000 untuk dimasukkan ke dalam perkiraan kas
3. Pada tanggal 18 Januari PD Absolute menerima pelunasan piutang dari PT Ekslevasi sebesar Rp 30.324.800
4. Pada tanggal 2 Januari PD Absolute melunasi hutangnya kepada PT Gendis Putra sebesar Rp 18.331.500

Penyelesaian
1. Dalam jendela command centre klik banking
2. Dalam modul Banking, klik tab Bank Register untuk mengaktifkan kotak dialog bank register
3. Dalam kolom account klik tombol drop down disebelahnya, kotak dialog select from list Pilih Bank Solo klik use account
4. Untuk interval tanggal isi kolom date 01/01/2005 dan 61/01/2005
5. Untuk tipe transaksi anda klik drop down disebelahnya pilih receive money, karena ini transaksi penerimaan kas Bank Solo
6. Tekan tombol tab pada kolom cheuque No isi BS-005 tekan tab
7. Dalam kolom date isi 18/01/2005
8. Kosongkan card, klik kolom amount isi Rp 15.000.000
9. Klik tombol drop down kotak dialog select from list akan tampil pilih perkiraan Bank Permata klik use account
10. Pastikan kolom tax terisi dengan kode pajak N-T jika tidak klik tombol drop down untuk mnegktifkan kode pajak.
11. KLik kolom memo, ketik “Transfer dari Bank Musi”
12. Terakhir klik record
13. Ulangi transaksi tersebut untk soal selanjutnya
14. Untuk transaksi ketiga pastikan kotak dialog bank register aktif, dalam kolom account klik tombol drop down kotak dialog select from list akan tampil, pilih perkiraan Bank Permata klik use account
15. Untuk tipe transaksi anda klik drop down disebelahnya pilih receive payment, karena ini merupakan transaksi penerimaan pembayaran piutang bagi Bank PErmata
16. Tekan tombol tab pada kolom Cheque No isi BS-006 tekan tab
17. Dalam kolom date isi 18/01/2005
18. Klik tombol drop down pada kolom customer, pilih pelanggan PT Ekslevasi dalam kotak dialog select from list klik use account
19. Klik tombol apply credit, OK
20. Klik kolom amount isi Rp 30.324.800
21. Klik split….., kotak dialog receive payments akan ditampilkan
22. Klik tombol record
23. Ada akan dibawa kembali pada kotak dialog bank register, hasil pencatatan tadi akan tampil dalam tabel transaksi lanjutkan dengan pencatatan transaksi keempat.
24. Close

6. 0 Menampilkan Laporan Bank Register
1. Klik drop down reports kemudian pilih banking
2. Pilih index to reports tab banking
3. Kotak name pilih cheuques and deposit, bank register, kemudian klik customize
4. Kotak dialog report customization ditampilkan, dalam kotak date isi 01/01/2005 to 31/01/2005 klik display
5. Hasilya akan tampak pada layer, hasil ini dapat anda cetak atau dapat dikirm ke exel. Klik close bila ada konfirmasi klik yes
6. Kotak dialog save as ditampilkan dalam kolom file name ketik Bank Register. Terakhir save
7. Klik close

6. 1 Latihan
1. Pada tanggal 10 Januari dimenangkan undian sebesar Rp 12.500.000 kemudian dimasukkan ke dalam perkiraan kas.
2. Pada tanggal 13 Januari dibayar jasa pengurusan surat-surat tanah sebesar Rp 1.600.000 melalui kas
3. Pada tanggal 19 JAnuari Tn Absolute mengambil uang perusahaan untuk keperluan pribadingan sebesar Rp 2.500.000 melalui kas.


PERSEDIAAN BARANG DAGANG

6. 1 Tujuan
Mahasiswa memahami proses system persediaan barang dagang seperti penyesuaian persediaan, transfer persediaan, merakit persediaan, jurnal transaski persediaan sampai pada laporan persediaan.

6. 2 Teori
Dalam perusahaan manufaktur, persediaan terdiri dari: persediaan produk jadi, persediaan produk dalam proses, persediaan bahan baku, persediaan bahan penolong, persediaan bahan habis pakai pabrik, persediaan suku cadang. Dalam perusahaan dagang, persediaan hanya terdiri dari satu golongan, yaitu persediaan barang dagangan, yang merupakan barang yang dibeli untuk tujuan dijual kembali. Transaksi yang mengubah persediaan produk jadi, persediaan bahan baku, persediaan bahan penolong, persediaan bahan habis pakai pabrik, dan perseediaan suku cadang bersangkutan dengan transaksi intern perusaan dan transaksi yang menyangkut pihak luar perusahaan, sedangkan transaksi yang mengubah persediaan produk dalam proses seluruhnya berupa transaksi intern perusahaan.

6. 3 Penyesuaian Persediaan
Contoh Kasus
1. 12 Januari PD Absolute menerima konfirmasi dari PT. Abadi terdapat beberapa barang yang rusak atau cacat, dengan penguraian kerusakan sebagai berikut:
Quantity Nama Barang Harga Satuan Total
10 Kotak Jaya Envelope Rp 33.000 Rp 330.000
12 Rem Fax Paper Rp 33.500 Rp 402.000
barang tersebut kemudian dikembalikan

2. 25 Januari PD Absolute menerima konfirmasi dari PT Nusantara Jaya dan PT Sispexus bahwa terdapat beberapa barang yang rusak atau cacat, dengan penguraian kerusakan sebagai berikut:
PT Nusantara Jaya
Quantity Nama Barang Harga Satuan Total
5 Rem F4 70 gr Rp 32.500 Rp 162.500
PT Sispexus
Quantity Nama Barang Harga Satuan Total
10 Kotak Arch File Rp 62.500 Rp 625.000
barang tersebut kemudian diterima oleh PD Absolute
Langkah Penyelesaian
1. Buka kembali program Myob, klik modul inventory
2. Anda klik tab count inventory untuk mengaktifkan kotak count inventory
3. Masukkan hasil persediaan yang benar untuk jaya envelope (1160 –10 = 1150) dan fax paper 900 rem (912-12) angka dimasukkan dalam kolom counted
4. Tekan tab maka selisih perbedaan akan tampil pada kolom difference
5. Tekan adjust inventory sehingga tampil adjustment information
6. Kemudian klik tombol drop down pada kolom default adjustment account pilih perkiraan 6-1700 atau bebean kerusakan dalam kotak dialog select from list klik use account.
7. Lalu klik continue, masukkan tanggal transaksi 12/01/2005 ke dalam kolomdate
8. Terakhir klik record

6. 4 Transfer Persediaan
Contoh
Pada tanggal 21 Januari perusahaan membuat 2 buah barnag rakitan dari 5 jenis barang yang tersedia untuk dibuat sauatu paket, yang masing-masing diambil 2 buah barang. Paket tersebut kemudian dinamakan paket-A
Penyelesaian
1. Dalam kotak inventory, klik item list
2. Dalam kotak dialog item list klik new
3. Isi tab profile, buying details dan selling details
4. Klik OK, Close
5. Pada modul inventory klik tab transfer inventory
6. Pada kolom date isi tanggal transaksi 21/01/2005
7. Tekan tab masukkan transaksi kolom memo misal Komponen Paket-A
8. Tekan 2 tab tombol tab, pilih Paket-A klik use item
9. Isi kolom quantity dengan 2 tekan tab
10. Masukkan unti cost dengan harga beli satuan barang tersebut, harga beli satuan diperoleh dari penjualan harga beli satuan barnag yang terakhir
11. Tekan enter masukkan barnag kedua pilih stopmap klik use item
12. Isi kolom qty dengan –2 tekan tab
13. Harga beli satuan dan nilai subtotal akan langsung ditmapilkan pada kolom unti cost dan amount
14. Lanjutkan untuk memasukkan barang selanjutnya
15. Kemudian klik kolom amount untuk Paket-A isi kolom tersebut sama dengan out of balance, enter
16. Sebelum anda menyimpan pastikan out of balance bernilai 0, lalu record
17. Klik cancel untuk menutup
18. Untuk memastikan klik item list dengan klik tab item list pada modul inventory
19. Pastikan pada on hand persediaan Paket-A akan terisi dengan angka 2 dan persediaan lain berkurang 2. Close

6. 5 Merakit Barang Persediaan
1. Aktifkan kotak dialog item list dengan mengklik tab item list
2. Lalu klik tanda panah (zoom) pada persediaan Paket-A kotak dialog item information klik tab auto-build
3. Klik edit, list
4. Kotak dialog auto-build information, dalam kolom list what it takes to build masukkan 2 inventory
5. Tekan 2 kali tombol tab pilih StopMap sari kotak dialog select from list klik use item
6. Isi kolom quantity dengan 2 untuk merakit 2 buah Paket-A maka dibutuhkan 2 buah barang dari 5 koponen barnag
7. Tekan enter masukkan 4 komponen berikutnya
8. Lalu klik OK, OK, Klik close untuk menutup item list
9. Pada kolom inventory klik tab auto-buid inventory untuk menampilkan kotak dialog auto-build inventory
10. Pada kolom qty, to build telah terisi klik build item
11. Kotak transfer inventory ditampilkan klik record

6. 6 Menmapilkan Transaksi Persediaan
1. Tab transaction journal pada command center modul inventory untuk menampilkan transaction journal
2. Paa kolom date from isi 01/01/05 tekan tab lalu pada kolom to isi 31/01/05
3. Isis tranaksi tidak dapat dirubah jika ingin dirubah bisa memasukkan transaksi yang berlawanan kembali.
4. Close

6. 7 Laporan Persediaan
1. Dalam jendela command center klik menu drop down reports pilih inventory
2. Kotak dialog index to reports dalam tab inventory
3. Dalm kotak name pilih items, inventory count sheet klik tombol customize
4. Kotak dialog report customization, biarkan dalam keadaan standar klik display
5. Hasilnya laporan akan tmapil pada jendela screen report
6. Lalu klik tombol print
7. Atau dapat dikirim ke program lain , klik close 2 kali.


JURNAL UMUM

7. 1 Tujuan
Mahasiswa mengerti memahami pentingnya jurnal mulai dari proses jurnal memasukkan jurnal ke dalam sistem software, memproses, menganalisa sampai hasil akhir dari sistem jurnal tersebut.

7. 2 Teori
Dibanding dengan catatan akuntansi yang lain, pencatatan di dalam jurnal ini biasanya lebih lengkap dan lebih terinci, serta menurut urutan tnaggal kejadian transaksi. Jurnal merupakan catatan akuntansi permanen yang pertama, yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan.

7. 3 Mencatat Jurnal Umum
Soal
1. 1 Januari perusahaan membayar gaji karyawan sebesar Rp 4.500.000
2. 4 Januari dibeli peralatan secara tunai Rp 900.000
3. 6 Januari dibayar pemasangan iklan mini Rp 50.000
4. 8 Januari, perusahaan membayar sewa gedung untuk bulan januari
5. 12 januari perusahaan membayar biaya air, listrik, dan telepon masing-masing sebesar Rp 55.000, Rp 65.000 Rp 135.000
6. 15 Januari perusahaan membayar gaji karyawan sebesar Rp 4.500.000
7. 20 Januari dibeli perlengkapan kantor secara tunai sebesar Rp 250.000
8. 25 Januari penyusutan yang terjadi pada bulan Januari ini adalah Rp 300.000 untuk peralatan dan Rp 500.000 untuk kendaraan

Penyelesaian
1. Buaka myob
2. Klik modul account
3. Klik tab record jurnal entry untuk mengaktifkan kotak dialog record journal entry.
4. Pada kolom general journal #, tekan tab untuk melanjutkan dalam kolom date isi 01/01/05
5. Selanjutnya tab ketik gaji karyawan untuk mengisi memo untuk keterangan
6. Tekan dua kali tombol tab isi no perkiraan 6-5130 pada kotak look for lalu select from list pilih no perkiraan klik new untuk mengganti perkiraan ke dalam bahasa Indonesia. Kotak edit account akan ditampilkan dengan account number secara default. Tekan tab isi nama perkiraan Beban Gaji Karyawan Klik Ok
7. Dalam kotak record journal Entry cari Beeban Gaji Karyawan pada select from list lalu use account, isis nilai transaksi Rp4.500.000 untuk soal 1
8. Tekan enter untuk sampai ke acct#, tekan tab cari nama perkiraan kas dalam kotak select from list lalu tekan use account
9. Perkiraan kas akan ditmapilan tekan 2 kali tab maka otomatis myob akan menampilkan nilai kredit 4.500.000

7. 4 Transaksi yang Berulang (Save Recurring)
1. Pastikan kotak dialog record journal entry aktif.
2. Lalu klik tombol save recurring
3. Perhatikan kebijakan perusahaan gaji karyawan akna rutin dibayar 2 minggu sekali setiap tanggal 1 dan 15 setiap bulannya
4. Terakhir klik tombol save template klik record, untuk soal selanjutnya lakukan seperti aturan tadi.

7. 5 Menggunakan Transaksi yang Berulang (Use Recurring)
1. Pastikan kotak dialog record journal entry aktif
2. Klik use recurring kotak dialog a recurring transaction
3. Pilih pembayaran gaji karyawan akan di buka kembali selanjutnya klik OK
4. Hasilnya transaksi pembayaran gaji karyawan akan ditmapilkan dalam kotak dialog record journal entry, ubah tanggal transaksi menjadi 15/01/05, terakhir klik record
5. Kemudian klik tombol cancel untuk menutup kotak dialog record journal entry

7. 6 Menampilkan, Memperbaiki dan Menghapus Jurnal Umum
Menampilkan Jurnal Umum
1. Klik tab trasaction Journal dalam jendela command center untuk mengaktifkan kotak dialog transaction journal
2. Selanjutnya kolom date isi 01/01/05 to 31/01/05
3. Jika tidak ada kesalahan maka klik close
Memperbaiki Jurnal Umum
1. Pastikan dialog transaction journal altif
2. Klik ganda jurnal yang akan diperbaiki
3. Record journal entry akan tampil ketik pembayaran karyawan I dalam kolom memo
4. Klik ok, untuk menyimpan, close
Menghapus Jurnal
1. Aktifkan kotak journal
2. Pastikan transaksi yang diperbaiki trcatat dua kali
3. Selanjutnya klik ganda salah satu jurnal yang akan dihapus
4. Record journal entry tampil, klik edit, delete general journal transaction
5. Close



ANALISIS KEUANGAN

8. 1 Tujuan
Mahasiswa dapat menganalisis transaksi yang telah diproses sebelumnya, mealalui laporan yang dihasilkan yakni, Neraca, Laba Rugi, Pengeluaran Kas, Penerimaan Kas dan persediaan.

8. 2 Teori
Laporan keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan, merupakan suatu ringkasan dari transaksi – transaksi keuangan yang terjadi selama satu thaun buku yang bersangkutan. Laporan keuangan ini dibuat oleh manajemen dengan tujuan untuk mempertanggungjawabkan tugas – tugas yang dibebankan kepadanya oleh para pemilik perusahaan. Di samping itu laporan keunagan dpat juga digunakan untuk memenuhi tujuan – tujuan lain yaitu sebagai laporan kepada pihak –pihak di luar perusahaan.

8. 3 Neraca
1. Aktifkan programmyob
2. Klik analysist pilih balance sheet
3. Laporan neraca ditampilkan dalam jendela analyce balance sheet, tab ledger
4. Kemudian klik tab filters, kotak dialog analyseis selection ditampilkan
5. Pilih format laporan neraca akan ditampilkan misal pilih this year’s actuals only
6. Pilih salah satu misal Januari
7. Kemudian klik OK
8. Tombol up dan down berfungsi mengatur tingkatan level perkiraan
9. Untuk mencetak laporan neraca ini, klik tombol print kotak dialog report status dan print ditampilkan
10. Proses pencetakan akan tampil
11. Kemudian lanjutkan mengklik tab asset laporan perkiraan aktiva akan ditampilkan dalam bentuk diagram pie
12. Klik close

8. 4 Laba Rugi
1. Klik analysis pilih profit and loss
2. Laporan akan tampil tab ledger
3. Kemudian klik tab filters kotak dialog analysis selection
4. Pilih format laporan dan selected period misal January
5. Kemudian OK
6. Atur print proses pencetakan akan tampil dalam kotak dialog report status
7. Klik tab Net P&L, klik close

8. 5 Arus Kas
1. Dalam jendela command center klik tombol drop down analysist pilih cash flow
2. Kotak dialog cash flow woksheet
3. Perhatikan kotak cheque account terisi dengan perkiraan kas, jika tidak klik drop down pilih kas dari kotak account list use account
4. Isi kolom days to look ahead dengan angka 30
5. Klik analyses cash needs
6. Semua transaksi perkiraan kas selama periode Januari 2005 ditampilkan
7. Klik tombol return to worksheet, cancel untuk menutup

8. 6 Penjualan
1. Pilih analysis pilih sales
2. Tab profit, pilih format analis dan bulan, klik OK
3. Tab profit, lalu tab margin, tab avg. cost, tab sales, tab profit, tab sales
4. Maka akan digambarkan dalam bentuk diagram bata data penjualan, klik Close

8. 7 Penerimaan Kas
1. Dalam jendela command center klik drop down analysis pilih receivable
2. Pastikan option summary dalam keadaan terpilih kemudian klik tab filters
3. Ganti kotak receivables As Of dengan 30/01/2005 klik Ok
4. Semua pemasok dengan masing-masing hutang ditampilkan kembali dalam kotak dialog analyses payables
5. Jka ingin menampilkan detail pemasok aktifkan option supplier detail, klik tombol drop down disebelahnya pilih salah satu perusahaan klik use supplier, close

8. 8 Persediaan
1. Klik drop down analysis pilih inventory
2. Pastikan summary terpilih klik option item # jika ingin detail pilih Stop Map klik use item
3. Klik close untuk menutup


KEAMANAN DATA

9. 1 Teori
Keamanan data akuntnasi perusahaan dapat tetap terjaga kerahasiaannya dari pihak yang tidak berkepentingan, dengan fasilitas yang disediakan myob berupa password atau kartu kunci yang bisa dimasukkan, diganti dan dihapus

9. 2 Membuat Password
1. Aktifkan myob
2. Klik setup, preferences
3. Klik security, klik password
4. Ketik nama perusahaan kedalam kotak new master password
5. Klik record new password kotak myob accounting akan ditampilkan, klik OK
6. Klik tombol new untuk membuat sub password misal balance sheet
7. Klik tombol record new password, klik pada kolom not allowed, karena sub password dibuat khusus untuk balance sheet
8. Klik Ok untuk mengakhiri password access
9. Klik OK

9. 3 Mengaktifkan Password
1. Buka kembali program myob pastikan membuka data akuntansi Perusahaan yang dituju
2. Pada kotak sign on masukkan password master kemudian klik OK, kemudian myob akan menampilkan kotak konfirmasi myob accounting untuk menanyakan apakah transaksi perlu verifikasi, klik No

9. 4 Mengganti Password
1 Klik menu setup, preferences
2. Aktifkan tab security klik password, masukkan password yang dibuat sebelumnya kedalam kotak konfirmasi Klik Ok
3. Kemudian kotak password access akan ditampilkan. Pilih nama password sebelumnya dalam kolom sub password klik Edit
4. Ganti password klik redord changes
5. Kotak konfirmasi kana tampil lalu klik OK

9. 5 Menghapus Password
Dalam kotak dialog password access pilih BS dalam kolom sub password, klik tombo delete. Hasilnya BS akan terhapus dari kolom sub password, lakukan langkah tadi untuk menghapus master password



STUDI KASUS

PD Eka Cell merupakan perusahaan dagang yang usahanya meliputi penjualan dan pembelian handphone dan accesoris. Perusahaan ini dimiliki oleh Tn. Eko Wijaya sejak tahun 1 Januari 2000. Pada tanggal 1 Januari 2005, Tn. Baros menanamkan modal di PD Eka Cell dan sepakat untuk membentuk satu persekutuan dengan nama PERSEKUTUAN MAKMUR. Tuan Baros menanamkan modal berupa kendaraan seharga Rp30.000.000 dan uang tunai Rp 80.000.000 . Perusahaan ini beralamatkan di Jl Cendrawasi No 11 Palembang. Berikut ini data akuntansi PD Eka Cell sebelum menjadi persekutuan:

PD Eka Cell
Jl. Cendrawasi No. 11 Palembang

No. Akun Nama Akun Saldo
Aktiva Lancar
1-1110
1-1120
1-1130
1-1140
1-1200
1-1210
1-1300
1-1400

Aktiva Tetap
1-2110
1-2120
1-2210
1-2220
1-2310

Hutang
2-1100
2-1200

Ekuitas
3-1100
Kas Ditangan
Bank Abadi
Bank Dana
Sewa gedung dibayar dimuka
Piutang Dagang
Piutang wesel
Perlengkapan Kantor
Persediaan Barang Dagang


Peralatan Kantor
Akm. Peny. Peralatan Kantor
Kendaraan
Akm. Peny. Kendaraan
Tanah


Hutang Dagang
Hutnag Gaji


Modal Tn. Eko Wijaya
Rp 178.320.000
Rp 22.000.000
Rp 105.000.000
Rp 4.500.000
Rp 74.250.000
Rp 3.500.000
Rp 17.500.000
Rp 292.000.000


Rp 17.000.000
Rp (5.000.000)
Rp 120.000.000
Rp (5.500.000)
Rp 200.000.000


Rp 33.350.000
Rp 10.220.000


Rp 580.000.000

Data Pelanggan

Kode
Pelanggan Nama Pelanggan Alamat Syarat
Pembayaran Saldo
C-001

C-002

C-003

C-004
Era Jaya Cellular

Desi Cell

Pratama Cell

Swara Jl. R. Suprapto No.11
Kotak : Arifin
Jl. Dr. Sucipto No. 212
Kontak: Agusman
Jl. Merdeka B7 No.33
Kontak : Wijaya
Jl. Kemayoran Lama 1
Kontak: Maria 5/10, n/30

5/10, n/30

5/10, n/30

5/10, n/30
Rp 14.000.000

Rp 15.250.000

Rp 20.000.000

Rp 25.000.000
Total Piutang Dagang Rp 74.250.000


Data Pemasok
Kode
Pemasok Nama Pelanggan Alamat Syarat
Pembayaran Saldo
V-001

V-002

V-003

V-004
Mandiri Cell

Susan HP

Suka Jaya

Carol Cell Jl. DR. M. Isa No.025
Kotak : Hermanto
Jl. Kapt. A. Rivai No. 4
Kontak: Nisa
Jl. Jend. Sudirman 59
Kontak : Johan Tamsil
Jl. Margasatwa D3/05
Kontak: Olivia 2/10, n/30

2/10, n/30

3/10, n/30

3/10, n/30
Rp 7.000.000

Rp 15.350.000

Rp 4.000.000

Rp 7.000.000
Total Piutang Dagang Rp 33.350.000


Data Barang Dagangan
Kode NK-001 SM-002 PSC-003 ES-004 NK-005 NK-006
Nama N6600 E320 X400 P910 N7280 N9300
Harga Jual 3.000.000 2.000.000 3.500.000 4.500.000 4.300.000 5.000.000
Harga Beli 2.500.000 1.750.000 3.000.000 4.000.000 3.800.000 4.500.000
Jumlah Stok 25 Buah 20 Buah 10 Buah 10 Buah 15 Buah 15 Buah
62.500.000 35.000.000 30.000.000 40.000.000 57.000.000 67.500.000

Dalam perjanjian pembentukan persekutuan. Kedua belah pihak sepakat untuk mengubah posisi keuangan Tn. Eko Wijaya yang dialporkan dalam neraca per 1 januari 2005 sebagai berikut:
a. Piutang dagang sebesar 65.250.000 dihapuskan dan cadangan kerugian piutang ditetapkan sebesar 5% dari saldo piutang yang baru
b. Persediaan barang dagangan dinilai kembali menjadi Rp 333.500.000
c. Tanah Dinilai seharga Rp 400.000.000
d. Nialai pengganti peralatan kantor Rp 20.000.000 dengan akumulasi penyusutan sebesar Rp 2.000.000. Peralatan kantor dicatat berdasarkan nilai pasar yang wajar, yaitu sebesar Rp 19.000.000
e. Nilai pengganti Kendaraan sebesar Rp 140.000.000 dengan akumulasi penyusutan sebesar Rp 2.800.000. Kendaraan dicatat berdasarkan nilai pasar yang wajar, yaitu sebesar Rp 125.000.000
f. Semua Utang diambil alih oleh persekutuan

Informasi Tambahan
1. Buku pembantu piutang dagang per 1 Januari 2005 setelahpembentukan persekutuan menunjukkan saldo sebagai berikut:
Era Jaya Cellular Rp 11.000.000
Desi Cell Rp 13.250.000
Pratama Cell Rp 18.000.000
Swara Rp 23.000.000
Jumlah Rp 65.250.000
2. Persediaan barang dagangan per 1 Januari 2005 sebesar Rp 333.500.000
NK-001 2.500.000 @25 Rp 62.500.000
SM-002 1.750.000 @20 Rp 35.0000.000
PSC-003 3.000.000 @10 Rp 30.000.000
ES-004 4.000.000 @10 Rp 40.000.000
NK-005 3.800.000 @20 Rp 76.000.000
NK-006 4.500.000 @20 Rp90.000.000
Jumlah Rp333.500.000
Instruksi I:
Kerjakan instruksi-instruksi berikut ini pada modul jurnal umum yang tersedia:
a. Buatlah Jurnal yang diperlukan Persekutuan Makmur, apabila Persekutuan Makmur membentuk buku yang baru.
b. Susunlah neraca persekutuan pada tanggal 1 Januari 2005

Kebijakan Akuntansi yang berlaku pada PD Eka Cell
1. Periode akuntansi pada PD. Eka Cell adalah berawal dari 1 Januari dan berakhir pada 31 Desember 2005
2. Persediaan barang dicatat berdasarkan harga perolehan dan dinilai dengan menggunakan penilaian persediaan metode rata-rata (average cost method)
3. Rekening air, listrik, dan telepon dibayarkan setiap tanggal 12 setiap bulannya.
4. Pembayaran gaji karyawan ditetapkan setiap tanggal 1 dan 15 setiap bulannya sebesar Rp 5.000.000
5. Pembebanan penyusutan perbulan berupa peralatan kantor sebesar Rp 500.000 dan kendaraan Rp 600.000 dicatat setiap tanggal 30 Desember
6. Untuk rekening akun yangb belum ada anda tambahkan sendiri dengan menyusun sendiri kode rekening sesuai dengan ketentuan yang ada.

Petunjuk penyelesaian kasus:
1. Buatlah data akuntansi PD Eka Cell melalui fasilitas Create New Accounting data dan menentukan jenis usaha dagang
2. Kemudian catat daftar saldo rekening (tabel 1), kedalam daftar perkiraan (account list) beserta saldo awalnya.
3. Tentukan/modifikasi linked account sesuai dengankebijakan yang dianut perusahaan:
a. Pada saat terjadi pembelian, barang langsung dikirim oleh pemasok ke gudang perusahaan dan perusahaan tidak dibebankan denda atas keterlambatan pembayaran
b. Pada saat pelunasan hutnag, perusahaan menggunakan perkiraan Bank Dana, sedangkan perkiraan Bank Abadi sebagai perkiraan penerimaan pelunasan piutang
c. Pada saat terjadi penjualan, perusahaan tidak membebankan denda keterlambatan pembayaran kepada konsumen
4. Menentukan kode pajak pertambahan nilai
5. Kemudian lakukan pengisian data kartu pelanggan (Customer) dan kartu pemasok (Vendor)
6. Masukkan persediaan barang dagangan dalam modul Inventory

Transaksi PD Eka Cell selama periode Desember adalah sebagai berikut:
1. Tanggal 2 Desember perusahaan melunasi utang gaji sebesar Rp 10.220.000 serta membayar gaji Karyawan Rp 5.000.000
2. Tanggal 2 Desember 2005 Era Jaya Cellular melunasi seluruh utangnya
3. Tanggal 5 Desember 2005 perusahaaan membeli barang dagangan kepada Suka Jaya dengan rincian sebagai berikut:
Quantity Nama Barang Harga Satuan Total
10 Buah N6600 Rp 2.500.000 Rp 25.000.000
10 Buah N7280 Rp 3.800.000 Rp 38.000.000
10 Buah N9300 Rp 4.500.000 Rp 45.000.000
Perusahaan mengeluarkan cek senilai Rp 50.000.000 untuk melunasi utangnya terdahulu dan sisanya uang muka pemesanan barang.
4. Tanggal 7 Desember 2005, menjual barang secara tunai kapada Desi Cell, berupa:
Quantity Nama Barang Harga Satuan Total
5 Buah X400 Rp 3.500.000 Rp 17.500.000
5 Buah N7280 Rp 4.300.000 Rp 21.500.000
5 Buah P910 Rp 4.500.000 Rp 22.500.000
5. Tanggal 12 Desember 2005, perusahaan membayar perkiraan kas: beban telp Rp 350.000, beban listrik dan air Rp 250.000.
6. Tanggal 13 Desember perusahaan membayar biaya-biaya:
a. Biaya advertensi di media elektronik sebesar Rp 900.000 untuk bulan Desember 2005 sampai dengan bulan Februari 2006
b. Biaya asuransi kendaraan untuk jangka waktu 2 tahun, dimulai 1 Desember 2005 samapi 30 November 2007 sebesar Rp 2.400.000
c. Biaya bahan bakar sebesar Rp 175.000
d. Biaya komisi sebesar Rp 190.000
e. Biaya administrasi lain-lain sebesar Rp 200.000
f. Biaya pemaaran lain-lain sebesar Rp 125.000
7. Tanggal 15 Desember membayar gaji karyawan Rp 5.000.000
8. Tanggal 17 Desember 2005, membayar beban iklan di media cetak 10 hari @ 20.000
9. Tanggal 20 Desember 2005 setelah diperiksa terdapat beberapa barang yang rusak atau cacat, dengan penguraian kerusakan sebagai berikut:
Quantity Nama Barang Harga Satuan Total
1 Pack N6600 Rp 2.500.000 Rp 2.500.000
7 Kotak N9300 Rp 4.500.000 Rp 31.500.000
barang tersebut kemudian dikembalikan kepada Suka Jaya
10. Tanggal 22 Desember 2005 perusahaan menerima pelunasan piutnag dari Pratama Cell dan Swara, masing-masing sebesaar Rp 20.000.000 dan Rp.25.000.000
11. Tanggal 23 Desember 2005 dibayar biaya-biaya sebagai berikut:
a. Biaay gaji sebesar Rp 2.750.000 dengan rincian: untuk bagian kantor Rp 1.500.000 dan bagian penjualan Rp 1.250.000
b. Biaya administrasi bank sebesar Rp 10.000.000 (Biaya diluar usaha lain-lain)
c. Biaya bahan bakar sebesar Rp 300.000
d. Biaya perlengkapan kantor sebesar Rp 200.000 Rekening yang didebit persediaan perlengkapan kantor
e. Biaya komisi sebesar Rp 50.000
f. Biaya administrasi lain-lain sebesar Rp 100.000
g. Biaya pemasaran lain-lain sebesar Rp 150.000
12. Tanggal 25 Desember 2005 perusahaan menjual barang secara kredit kepada Swara berupa:
Quantity Nama Barang Harga Satuan Total
5 Buah E320 Rp 2.000.000 Rp 10.000.000
5 Buah N6600 Rp 3.0000.000 Rp 15.000.000
5 Buah N9300 Rp 5.000.000 Rp 22.000.000
13. Tanggal 30 Desember 2005 perusahaan mencatat biaya penyusutan peralatan kantor Rp 500.000 dan kendaraan Rp 600.000


Instruksi II:
Dengan menggunakan Myob kerjakan instruksi-instruksi berikut ini:
a. Catatlah transaksi yang terjadi selama bulan Desember 2005 ke dalam modul yang sesuai
b. Buatlah Neraca, Laporan Laba-Rugi dan Laporan Arus Kas untuk tahun 2005





































1 komentar:

  1. Nice information on here, I would like to share with you all my experience trying to get a loan to expand my Clothing Business here in Malaysia. It was really hard on my business going down due to my little short time illness then when I got heal I needed a fund to set it up again for me to begin so I came across Mr Benjamin a loan consultant officer at Le_Meridian Funding Service He asked me of my business project and I told him i already owned One and i just needed loan of 200,000.00 USD he gave me form to fill and I did also he asked me of my Valid ID in few days They did the transfer and my loan was granted. I really want to appreciate there effort also try to get this to anyone looking for business loan or other financial issues to Contact Le_Meridian Funding Service On Email: lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com He also available on WhatsApp Contact:+1-9893943740.

    BalasHapus