Selasa, 27 Maret 2012

Manusia dan Kasih sayang



"Saluang" merupakan alat musik tiup yang berfungsi mengiringi dendang tradisonal Minangkabau dalam tradisi "Saluang Dendang".
Kegembiraan, kesedihan dan kerinduan hati masyarakat dapat diungkapkan melalui pantun "saluang-Dendang".
Dewasa ini alat tiup "Saluang" ada yang dilaras sesuai tuntutan komposisi musik kreasi baru dan musik populer, karena sudah memasyarakatnya kehidupan tradisi musik "Saluang-Dendang" maka kesenian ini tidak khawatir terhadap inovasi.

Dari video "Saluang" yang bercerita tentang seorang lelaki yang mencintai seorang wanita dan menggungkapkan perasaan hatinya dengan cara bermain alat musik saluang dan dberi tanggung jawab oleh gurunya untuk menjaga dan melestarikan alat musik saluang agar tidak pudar dikalanggan masyarakat dikarenakan sudah semakin berkurangnnya pemain alat musik tersebut serta gurunya berpesan agar tidak putus asa dalam mempelajari saluang dikarenkan agak susah dipelajari oleh orang awam bermusik.

Kesimpulan "Manusia dan Kasih sayang" dari video tersebut adalah kasih sayang dari seorang lelaki yang mencintai seorang wanita dan menggungkapkan perasaannya tersebut dengan memainkan alat musik saluang dan berniat mempelajari lebih dalam alat musik tersebut dikarenakan dia menemukan ketenangan jiwa dalam memainkkan alat musik tersebut dikala teringat gadis yang dicintainnya. (maaf improvisasi sendiri dikarenakan video tersebut berdurasi pendek -_-").

Dalam video tersebut hal yang dapat kita ambil adalah kita dapat memberi rasa sayang kita terhadap siapapun tanpa terkecualipun siapa dia, dan kita dapat mengungkapkan perasaan hati kita melalui apapun yang bersifat positif tanpa merugikan orang lain termasuk melalui alat musik agar mendapat ketenangan jiwa. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar