Kamis, 31 Mei 2012

Manusia dan Harapan



Sebulan yang lalu, siswa SMA kelas 3 telah menjalani UN yang menentukan lulus atau tidaknya mereka dari sekolahnya. Sebelum menjalani UN, mereka pasti menjalani berbagai usaha positif untuk mereka dapat lulus, mulai dari pendalaman materi disekolah, belajar bersama, mengikuti bimbingan belajar dan lain-lain. Setelah menjalani UN pasti mereka merasa gelisah, apakah lulus atau tidak. Walaupun mereka sudah berusaha secara maksimal tetap saja mereka tidak tahu pasti bagaimana hasilnya. Inilah yang menyebabkan mereka merasa gelisah menunggu hasil pengumuman UN.
Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan.
Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi dari kecemasan. Karena itu dalam kehidupan sehari-hari, kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan. Kekawatiran ataupun ketakutan. Masalah kecemasan atau kegelisahan berkait juga dengan masalah frustasi, yang secara definisi dapat disebutkan, bahwa seseorang mengalami frustasi karena apa yang diinginkan tidak tercapai.
Namun kegelisahan akan ketidaklulusan mereka itu terbukti tidak benar. Sabtu, 26 Mei 2012 pukul 11.00 WIB, pengumuman kelulusan telah dapat dilihat di sekolah masing-masing. Menurut Kemdiknas, Sebanyak 1.517.125 peserta, atau 99,5 persen dari total keseluruhan peserta  Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas 2012 lulus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar